Sabtu, 31 Maret 2012

ISUZU GIGA FTR 90 DAN FVM 34

http://astraisuzumedan.blogspot.com/2012/03/isuzu-medan-fvz-285-ps.html 
Salam lae ku sekalian, anak mudanya disini hanya mau cerita sedikit tentang Isuzu GIGA. Tahukah lae ku sekalian bahwa GIGA dapat di bagi menjadi dua kategori, yaitu truck dengan volume besar tapi tonase sesuai, yaitu FRR dan FTR. Untuk truck in pastikan pengguna sangat memperhatikan tonase yang sesuai. Sedangkan kedua adalah tonase besar, yang siap mengangkut lebih (overload) yaitu FVR, FVM dan FVZ. Tulisan kali ini akan kita coba untuk membahas tentang Isuzu GGA FTR 90 dan Isuzu GIGA FVM 34.

ISUZU GIGA FTR 90

Isuzu GIGA FTR 90 memiliki GVW sebesar 14 ton dengan berat bersh sekitar 4,1 t- 4,4 ton, tergantung varian wheel base. Hal ini berarti gabungan berat muatan dan karoseri FTR berkisar di angka 10 ton. Truck medium dengan sistem penggerak 4x2 ini memiliki 3 varian wheel base, yaitu 4,250 ; 5,050 ; dan 6,050 m. Truck ini memiliki mesin 4 silinder, dimana untuk kompetitornya memiliki 6 silinder, sehingga dapat dikatakan truck ini adalah truck medium pertama yang menggunakan mesin 4 silinder dan GVW 14 ton. Mesin FTR 90 adalah mesin 4 HK1-TCS yaitu mesin diesel heavy duty commonrail, sehingga mesin 4 silinder ini mempunyai keunggulan mesin yang irit dengan tenaga yang sesuai yaitu 210 PS pada rpm 2600. Mesin FTR 90 adalah mesin yang sama dengan settingan berbeda, yang dipakai juga d FRR 90. ( Ingat mesin FRR 90 adalah 4HK1-TCC). Tentu saja sesuai dengan GVW 14 ton, maka kapasitas axle depan dan belakang dibuat lebih besar dibandingkan dengan FRR 90, yaitu axle depan sebesar 6.300 kg dan axle belakang sebesar 9.200 kg. Selain itu ban FTR 90 juga sudah memakai type ban dengan ring 20 inch.
Hal yang perlu digaris bawahi adalah Isuzu GIGA FTR 90 ini bukan suksesor dari FTR 33 yang sebelumnya ada. Suksesor FTR 33 adalah FVR 34. Jadi lae ku sekalian jangan salah mengambil keputusan ya. Hal lain yang menjadi keunggulan FTR 90 dan ciri khas Isuzu adalah flat torsion. FTR 90 juga memiliki ciri ini yaitu torsi maksimum 65 Kgm di rpm 1600-2600, yang berarti tenaganya tetap stabil dan maksimum di rpm tersebut.

Berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh FTR 90.
·         Truck dengan nilai dan harga terbaik dikelas GVW 14 ton.
·         Tingkat konsumsi bahan bakar yang irit dikarenakan memakai mesin diesel heavy duty commonrail 4 silinder ( sedangkan kompetitor menggunakan 6 silinder “pasti lebih boros lae”)
·         Kinerja rem lebih baik dibandngkan dengan kompetitor, karena ukurannya lebih besar.
·         Ketahanan dan chasis yang ringan menyediakan fungsi yang cukup dikelas GVW 14 ton (ingat lae, truck ini buat volume, bukan tonase lae)
·         Lampu terletak dikabin, bukan dibumper, sehingga tidak mudah pecah terkena benturan.

Yaaa...Isuzu GIGA FTR 90 adalah motor, sepeda, dan general transporter dengan GVW 14 ton. Aplikasi karoser yang sesuai dengan produk ini adalah angkutan motor, box besi, box aluminium, wing box dan refrigerator box. Ok lai ku sekalian, segitu dulu, sekarang sesuai janji kita bicara FVM 43 Isuzu Punya Barang.

Isuzu GIGA FVM 34.

Isuzu GIGA FVM 34 menggunakan mesin 6HK1-TCN yaitu mesn diesel heavy duty commonrail dengan 6 silinder. Truck medium dengan sistem penggerak 6 x 2 ini menawarkan 2 pilihan, yaitu tpe Q dengan wheel base 5,500 mm dan tipe W dengan wheel base  7,120 mm. Tipe W  merupakan truck medium paling panjang dikelasnya dengan overall length 11,480 mm, sehingga cocok untuk kebutuhan perusahan logistik, yang membutuhkan muatan yang banyak dan tenaga yang besar. Mempunyai tenaga maksimum 240 PS di rpm 2400 dan flat torsion dengan torsi maksimum 72 Kgm di rpm 1.450 – 2.400, yang berarti memiliki tenaga yang maksimum dan stabil pada putaran tersebut.

Kapasitas tangki GIGA FVM 34 adalah 200 liter, hal ini membuat truck ini dapat menempuh jarak yang jauh, apalagi didukung dengan mesin yang irit bahan bakar. Sebagai informas bahwa FVM 34 mempunyai mesin irit bahan bakar dibandngkan pendahulunya FVM 23 yang mempunyai mesin 6SD1 10L yang masih confensional, alias belum menggunakan commonrail.

Berikut adalah kelebihan yang dimiliki dari FVM 34
  • Wheel base yang panjang, bahkan terpanjang untuk tipe W
  • Irit bahan bakar dengan sistem commonrail.
  • Mempunyai rangka yang diperkuat, rem dan sistem suspensi yang sama dengan FVZ.
  • Mempunyai lampu yang terletak diatas kabis, sehingga tidak mudah pecah dan terbentur, segitu dulu awak punya kelibihan, masih banyak kelebihan lain, bagusan lae sekalian coba dulu.

Isuzu GIGA FVM 34 sangat cocok untuk dibuat tangki, flat bed, box besi, maupun box aluminium, dan juga wing box. Truck ini cocok sekali dengan tipe muatan minuman, kontruksi material, komoditas sehari – hari, produk – produk pertanian, tangki oli dan solar. Sekian dulu pengetahuan buat lae, kalau lae sekalin butuh info lebih jelas anak mudanya punya nomor handphone dibawah ini.  

Medan Branch
Jln. Sisingamangaraja No. 243
Medan 20218 - Indonesia
CP : JOKO MULIO S.Sos
HP: 085206461994
Telp.  061-75004388    Fax. 061-785 1001

 

2 komentar:

  1. LAe, boleh juga ne truck...
    lanjut LAe aku telpon aja kau yah, aq perlu buat ngangkut jeruk aku di Berastagi Lae, mo ku kirim ke Jakarta!
    bisa kredit kan Lae?

    BalasHapus
  2. kalau angkat jeruk Pake FVR 34 S 4x2 aja pak...mesin dijamin tangguh dan hemat bahan bakar.

    BalasHapus